komunikasi interaktif
KOMUNIKASI INTERAKTIF
PENDAHULUAN.
Dalam komunikasi
pemasaran, perusahaan mencoba untuk menginformasikan, membujuk, dan mengigatkan
konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung mengenai produk dan jasa
yang mereka jual.
CRM (CUSTOMER
RELATIONSHIP MARKETING)
Customer relationship
marketing adalah memperkenalkan pelanggan secara lebih dekat melalui komunikasi
dua arah. Pengelolaan komunikasi tersebut perlu dibentuk dalam hubungan yang
saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan. hubungan yang dimaksud
harus bersifat partnership, untuk mencapai tujuan jangka panjang menghasilkan
keuntungan berkelanjutan dari ketertarikan pelanggan.
CRM penting karena
sebagai pendorong utama profitabilitas
perusahaan adalah nilai kolektif basis pelanggan perusahaan. Untuk membentuk
harapan pelanggan maka yang dilakukan perusahaan adalah :
1.
Memperhatikan pengalaman pembelian pembeli
sebelumnya.
2.
Nasihat teman atau kolega
3.
Janji serta informasi para pemasar dan
pesaing.
Jika pemasr
meningkatkan harapan terlalu tinggi para pembeli cenderung kecewa, sebaliknya
jika pemasar meletakan harapan terlalu rendah pembeli akan tidak tertarik.
Cara perusahaan
mencspsi tsrget pelanggan:
1.
Memberikan harga tetap (bukan tawar
menawar)
2.
Memberkan garansi misal dengan waktu 30
hari atau uang kembali.
3.
Tenaga penjual yang diberikan gaji bukan
komisi.
4.
Bonus tambahan jika membeli dengan
jumlah banyak.
5.
Pelayanan purna jual.
Mengukur kepuasan
pelanggan.
Sebuah perusahaan
dikatakan “ bijaksana “ kalau mengukur kepuasan pelanggan secara teratur.
Indikator pelanggan setia :
1.
Lebih lama memakai produk.
2.
Membeli lebih banyak jika ada produk
baru.
3.
Membicarakan hal yang menyenangkan
tentang produk dan perusahaan.
4.
Tidak banyak memberikan perhatian kepada
produk pesaing.
PEMASARAN INTERAKTIF
Saluran internet adalah
saluran terbaru untuk berkomunikasi dan menjual secara langsung ke pelanggan.
Internet juga menyediakan peluang kepada pemasar dan konsumen untuk interaksi
dan individualisasi yang jauh lebih besar. Alat-alat pemasaran interaktif antara
lain situs Web, situs mikro, iklan pencari, iklan tampilan, iklan antara, iklan
dan video khusus internet, pemberian sponsor, aliansi internet, komunitas
online, e-mail, dan pemasaran mobile.
Keunggulan pemasaran
interaktif adalah sebagai berikut : (Kotler, 2009)
·
Perusahaan dapat mengirimkan pesan
khusus yang melibatkan konsumen dengan mencerminkan minat dan perilaku khusus
mereka.
·
Internet dapat diandalkan dan
pengaruhnya dapat ditelusuri dengan mudah
·
Pengiklan dapat mengukur respon dengan
segera dengan memerhatikan berapa banyak pengunjung berbeda yang mengklik laman
atau iklan, berapa lama mereka menghabiskan waktu, dan kemana mereka pergi
setelah itu.
·
Menempatkan iklan berdasarkan kata kunci
dimesin pencari, ketika masyarakat benar-benar memulai proses pembelian
·
Sangat efektif untuk menjangkau
masyarakat sepanjang hari
·
Sebagian besar pengguna media online
adalah pelanggan berpendapatan tinggi dan pendidikan tinggi melebihi televisi.
Kelemahan:
·
Pengiklan kehilangan kendali atas apa
yang dilakukan konsumen dengan pesan online.
·
Perusahaan memilih bentuk pemasaran
interaktif yang paling efektif biaya dalam tujuan komunikasi dan penjualan.
MENEMPATKAN
IKLAN DAN PROMOSI ONLINE
Perusahaan memilih
bentuk pemasaran interaktif yang paling efektif biaya dalam tujuan komunikasi
dan penjualan.
1.
Situs Web
Merancang situs web
yang baik adalah yang mencerminkan tujuan, sejarah, produk, dan visi. Tujuh
elemen desain kunci situs web yang efektif (7C), yaitu:
·
Context
·
Content
·
Community
·
Customization
·
Communication
·
Connection
·
Commerce
Pengunjung akan menilai
kinerja situs berdasarkan kemudahan penggunaan dan daya tarik fisik.
Kemudahan pengunaan
situs web yang dinilai oleh pengunjung, yaitu:
·
Dapat diunduh dengan cepat
·
Halaman pertama mudah dipahami
·
Mudah berpindah ke halaman lain yang
terbuka dengan cepat
·
Situs web juga harus peka terhadap
keamanan dan masalah perlindungan privasi.
Faktor faktor yang
menentukan daya tarik fisik suatu situs web adalah :
·
Halaman individual bersih dan tidak
disesaki konten
·
Bentuk dan jenis huruf mudah dibaca
·
Mengunakan warna dan suara yang baik
2.
Situs Mikro
Situs mikro adalah
daerah terbatas di web yang dikelola dan dibayar oleh pengiklan atau perusahaan
luar. Situs mikro biasanya digunakan oleh perusahaan dengan minat rendah. Contohnya
adalah : situs mikro perusahaan asuransi yang ada di web penjualan mobil bekas.
3.
Iklan Pencari
Iklan pencari adalah
iklan yang muncul ketika kita mencari sesuatu di mesin pencari. Terdiri dari:
·
Iklan pencarian berbayar (paid-search)
·
Iklan berbayar per-klik (pay-per-click)
Pengiklan hanya
membayar jika ada yang “mengklik’ link tersebut. Biaya per-klik tergantung pada
seberapa tinggi peringkat link itu dan popularitas kata kunci. Contohnya:
Google, MSN, Yahoo!
4.
Iklan Tampilan
Iklan tampilan adalah
kotak kecil persegi yang berisi teks dan mungkin gambar yang dibayar perusahaan
untuk memasang iklan di situs Web yang berkaitan.
5.
Iklan Antara
Iklan antara adalah
iklan yang sering dilengkapi video atau animasi, yang muncul antar perubahan
pada situs Web.
6.
Iklan dan Video Khusus Internet
Situs konten seperti
Youtube, MySpace Video, dan Google Video, konsumen dan pengiklan dapat memuat
iklan dan video untuk dibagikan ke jutaan orang.
7.
Pemberian Sponsor
Tempat terbaik untuk
pemberian sponsor adalah di situs yang diarahkan dengan baik dan menawarkan
informasi atau jasa relevan.
8.
Aliansi
Ketika satu perusahaan
internet bekerja sama dengan perusahaan lain, mereka saling mengiklankan satu
sama lain.
9.
Komunitas Online
Komintas online adalah
suatu kumpulan orang orang yang berkomunikasi melalui postingan,pesan instan
dan diskusi percakapan tentang minat khusus yang berhubungan dengan produk dan
merek perusahaan. Kunci keberhasilan: menciptakan kegiatan perorangan dan
kelompok yang membantu membentuk ikatan antara anggota komunitas.
10.
E-mail
E-mail adalah surat
elektronik yang sekarang banyak digunakan orang sebagai penggganti pos. Beberapa
panduan penting untuk kampanye e-mail produktif:
·
Memberikan alasan kepada pelanggan untuk
merespons
·
Mempersonalisasikan konten e-mail Anda
·
Menawarkan sesuatu yang tidak bisa
didapatkan pelanggan melalui surat langsung
·
Mempermudah pelanggan “untuk berhenti
berlangganan”
11.
Pemasaran Mobile
Bentuk desain serta
ukurang web di PC, tab, dan hp berbeda. Maka pemasaran online pada mobile pun
harus di rancang dengan baik.
12.
pemasaran langsung
Pemasaran langsung
adalah sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan
untuk menghasilkan tanggapan dan/atau transaksi yang dapat diukur pada suatu
lokasi. Pemasaran langsung bersifat : (Kotler: 2002)
·
Nonpublik, yaitu Pesan biasanya
ditujukan kepada orang tertentu
·
Disesuaikan, yaitu Pesan dapat disiapkan
untuk menarik orang yang dituju
·
Terbaru,
yaitu Pesan dapat disiapkan dengan sangat cepat
·
Interaktif, yaitu Pesan dapat diubah
tergantung pada tanggapan orang tersebut
Secara umum tujuan dari
pemasaran langsung adalah untuk mendapatkan pesanan, meningkatkan calon
pembeli, memperkuat hubungan pelanggan serta memberikan informasi guna
melakukan edukasi kepada konsumen dalam rangka mempersiapkan mereka untuk
pembelian selanjutnya.
KELOMPOK
V
BAB
V
KOMUNIKASI
INTERAKTIF
NAMA
:
1. ALVAIZAR
KURNIAWAN 16.05.51.0146
FAKULTAS
EKONOMIKA DAN BISNIS PRODI S1.MANAJEMEN
MATA
KULIAH SISTEM INFORMASI PEMASARAN
Komentar
Posting Komentar