komunikasi interaktif

KOMUNIKASI INTERAKTIF

PENDAHULUAN.
Dalam komunikasi pemasaran, perusahaan mencoba untuk menginformasikan, membujuk, dan mengigatkan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung mengenai produk dan jasa yang mereka jual.
CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING)
Customer relationship marketing adalah memperkenalkan pelanggan secara lebih dekat melalui komunikasi dua arah. Pengelolaan komunikasi tersebut perlu dibentuk dalam hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan. hubungan yang dimaksud harus bersifat partnership, untuk mencapai tujuan jangka panjang menghasilkan keuntungan berkelanjutan dari ketertarikan pelanggan.
CRM penting karena sebagai  pendorong utama profitabilitas perusahaan adalah nilai kolektif basis pelanggan perusahaan. Untuk membentuk harapan pelanggan maka yang dilakukan perusahaan adalah :
1.       Memperhatikan pengalaman pembelian pembeli sebelumnya.
2.      Nasihat teman atau kolega
3.      Janji serta informasi para pemasar dan pesaing.
Jika pemasr meningkatkan harapan terlalu tinggi para pembeli cenderung kecewa, sebaliknya jika pemasar meletakan harapan terlalu rendah pembeli akan tidak tertarik.
Cara perusahaan mencspsi tsrget pelanggan:
1.      Memberikan harga tetap (bukan tawar menawar)
2.      Memberkan garansi misal dengan waktu 30 hari atau uang kembali.
3.      Tenaga penjual yang diberikan gaji bukan komisi.
4.      Bonus tambahan jika membeli dengan jumlah banyak.
5.      Pelayanan purna jual.


Mengukur kepuasan pelanggan.
Sebuah perusahaan dikatakan “ bijaksana “ kalau mengukur kepuasan pelanggan secara teratur. Indikator pelanggan setia :
1.      Lebih lama memakai produk. 
2.      Membeli lebih banyak jika ada produk baru.
3.      Membicarakan hal yang menyenangkan tentang produk dan perusahaan.
4.      Tidak banyak memberikan perhatian kepada produk pesaing.


PEMASARAN INTERAKTIF
Saluran internet adalah saluran terbaru untuk berkomunikasi dan menjual secara langsung ke pelanggan. Internet juga menyediakan peluang kepada pemasar dan konsumen untuk interaksi dan individualisasi yang jauh lebih besar. Alat-alat pemasaran interaktif antara lain situs Web, situs mikro, iklan pencari, iklan tampilan, iklan antara, iklan dan video khusus internet, pemberian sponsor, aliansi internet, komunitas online, e-mail, dan pemasaran mobile.
Keunggulan pemasaran interaktif adalah sebagai berikut : (Kotler, 2009)
·         Perusahaan dapat mengirimkan pesan khusus yang melibatkan konsumen dengan mencerminkan minat dan perilaku khusus mereka.
·         Internet dapat diandalkan dan pengaruhnya dapat ditelusuri dengan mudah
·         Pengiklan dapat mengukur respon dengan segera dengan memerhatikan berapa banyak pengunjung berbeda yang mengklik laman atau iklan, berapa lama mereka menghabiskan waktu, dan kemana mereka pergi setelah itu.
·         Menempatkan iklan berdasarkan kata kunci dimesin pencari, ketika masyarakat benar-benar memulai proses pembelian
·         Sangat efektif untuk menjangkau masyarakat sepanjang hari
·         Sebagian besar pengguna media online adalah pelanggan berpendapatan tinggi dan pendidikan tinggi melebihi televisi.

Kelemahan:
·         Pengiklan kehilangan kendali atas apa yang dilakukan konsumen dengan pesan online.
·         Perusahaan memilih bentuk pemasaran interaktif yang paling efektif biaya dalam tujuan komunikasi dan penjualan.

MENEMPATKAN IKLAN DAN PROMOSI ONLINE
Perusahaan memilih bentuk pemasaran interaktif yang paling efektif biaya dalam tujuan komunikasi dan penjualan.

1. Situs Web
Merancang situs web yang baik adalah yang mencerminkan tujuan, sejarah, produk, dan visi. Tujuh elemen desain kunci situs web yang efektif (7C), yaitu:
·         Context
·         Content
·         Community
·         Customization
·         Communication
·         Connection
·         Commerce
Pengunjung akan menilai kinerja situs berdasarkan kemudahan penggunaan dan daya tarik fisik.

Kemudahan pengunaan situs web yang dinilai oleh pengunjung, yaitu:
·         Dapat diunduh dengan cepat
·         Halaman pertama mudah dipahami
·         Mudah berpindah ke halaman lain yang terbuka dengan cepat
·         Situs web juga harus peka terhadap keamanan dan masalah perlindungan privasi.
Faktor faktor yang menentukan daya tarik fisik suatu situs web adalah :
·         Halaman individual bersih dan tidak disesaki konten
·         Bentuk dan jenis huruf mudah dibaca
·         Mengunakan warna dan suara yang baik

2. Situs Mikro
Situs mikro adalah daerah terbatas di web yang dikelola dan dibayar oleh pengiklan atau perusahaan luar. Situs mikro biasanya digunakan oleh perusahaan dengan minat rendah. Contohnya adalah : situs mikro perusahaan asuransi yang ada di web penjualan mobil bekas.
3. Iklan Pencari
Iklan pencari adalah iklan yang muncul ketika kita mencari sesuatu di mesin pencari. Terdiri dari:
·         Iklan pencarian berbayar (paid-search)
·         Iklan berbayar per-klik (pay-per-click)
Pengiklan hanya membayar jika ada yang “mengklik’ link tersebut. Biaya per-klik tergantung pada seberapa tinggi peringkat link itu dan popularitas kata kunci. Contohnya: Google, MSN, Yahoo!
4. Iklan Tampilan
Iklan tampilan adalah kotak kecil persegi yang berisi teks dan mungkin gambar yang dibayar perusahaan untuk memasang iklan di situs Web yang berkaitan.
5. Iklan Antara
Iklan antara adalah iklan yang sering dilengkapi video atau animasi, yang muncul antar perubahan pada situs Web.


6. Iklan dan Video Khusus Internet
Situs konten seperti Youtube, MySpace Video, dan Google Video, konsumen dan pengiklan dapat memuat iklan dan video untuk dibagikan ke jutaan orang.
7. Pemberian Sponsor
Tempat terbaik untuk pemberian sponsor adalah di situs yang diarahkan dengan baik dan menawarkan informasi atau jasa relevan.
8. Aliansi
Ketika satu perusahaan internet bekerja sama dengan perusahaan lain, mereka saling mengiklankan satu sama lain.
9. Komunitas Online
Komintas online adalah suatu kumpulan orang orang yang berkomunikasi melalui postingan,pesan instan dan diskusi percakapan tentang minat khusus yang berhubungan dengan produk dan merek perusahaan. Kunci keberhasilan: menciptakan kegiatan perorangan dan kelompok yang membantu membentuk ikatan antara anggota komunitas.
10. E-mail
E-mail adalah surat elektronik yang sekarang banyak digunakan orang sebagai penggganti pos. Beberapa panduan penting untuk kampanye e-mail produktif:
·         Memberikan alasan kepada pelanggan untuk merespons
·         Mempersonalisasikan konten e-mail Anda
·         Menawarkan sesuatu yang tidak bisa didapatkan pelanggan melalui surat langsung
·         Mempermudah pelanggan “untuk berhenti berlangganan”
11. Pemasaran Mobile
Bentuk desain serta ukurang web di PC, tab, dan hp berbeda. Maka pemasaran online pada mobile pun harus di rancang dengan baik.
12. pemasaran langsung
Pemasaran langsung adalah sistem pemasaran interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan dan/atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi. Pemasaran langsung bersifat : (Kotler: 2002)
·         Nonpublik, yaitu Pesan biasanya ditujukan kepada orang tertentu
·         Disesuaikan, yaitu Pesan dapat disiapkan untuk menarik orang yang dituju
·         Terbaru,  yaitu Pesan dapat disiapkan dengan sangat cepat
·         Interaktif, yaitu Pesan dapat diubah tergantung pada tanggapan orang tersebut
Secara umum tujuan dari pemasaran langsung adalah untuk mendapatkan pesanan, meningkatkan calon pembeli, memperkuat hubungan pelanggan serta memberikan informasi guna melakukan edukasi kepada konsumen dalam rangka mempersiapkan mereka untuk pembelian selanjutnya.



















KELOMPOK V
BAB V
KOMUNIKASI INTERAKTIF


Description: Hasil gambar untuk UNISBANK

NAMA :
1.      ALVAIZAR KURNIAWAN                        16.05.51.0146










FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS PRODI S1.MANAJEMEN

MATA KULIAH  SISTEM INFORMASI PEMASARAN

Komentar

Postingan populer dari blog ini