pelatihan
PENTINGNYA PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SDM BAGI PERUSAHAAN
Pelatihan dan
pengembangan SDM pada sebuah perusahaan sangat erat hubungannya dengan hasil
kinerja dari SDM tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah penilaian untuk
mengukur kinerja dan pelatihan SDM dilaksanakan setelah ada hasil dari
penilaian tersebut. Pelatihan karyawan dilakukan dengan tujuan agar para
karyawan memiliki pengetahuan, kemampuan dan keterampilan sesuai dengan
tuntutan pekerjaan yang mereka lakukan.
Sumber daya manusia (SDM)
atau karyawan yang menduduki suatu jabatan tertentu dalam perusahaan kadang
mempunyai level kemampuan yang berbeda dengan karyawan lainnya. Kadang-kadang
kemampuan mereka meningkat, namun kadang juga menurun. Ada pula yang
kemampuannya kurang sesuai dengan persyaratan yang diperlukan dalam jabatan
tersebut. Hal itu bisa terjadi karena seseorang menduduki jabatan tertentu
bukan karena kemampuannya. Bisa jadi karyawan tersebut mendapat jabatan itu
karena dekat dengan bos atau juga karena pihak HR terlalu buru-buru merekrut
karyawan. Oleh karena itu, karyawan baru ini perlu menambah skill dan kemampuan
mereka. Itulah arti pentingnya pelatihan karyawan.
Kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi jelas berpengaruh pada suatu perusahaan. Ada
jabatan-jabatan baru yang dulu belum diperlukan, sekarang diperlukan. Misalnya
seorang marketing and communication senior belum punya skill untuk memimpin
marketing online—karena hal itu adalah hal baru untuk dirinya. Dengan demikian,
diperlukan penambahan atau peningkatan kemampuan yang diperlukan oleh jabatan
tersebut.
Pelatihan
dan pengembangan SDM yang tepat, dapat memberikan efek yang baik kepada karyawan.
Karyawan dapat mengembangkan diri dan mampu memahami seluk-beluk pelaksanaan
pekerjaan lebih mendalam, dapat memahami
perkembangan perusahaan, memahami sasaran
yang akan dicapai perusahaan, mengerti akan perlunya kerjasama dalam
melaksanakan pekerjaan, dapat dengan mudah memahami Informasi yang disampaikan
perusahaan, dapat memahami setiap kesulitan-kesulitan yang dihadapi perusahaan,
mampu melakukan hubungan-hubungan dengan lingkungan, mampu memahami kebijaksanaan
dan peraturan yang berlaku dalam perusahaan, mampu memahami sistem dan prosedur
yang digunakan dalam pelaksanaan tugas perusahaan, mampu memahami dan
menerapkan perilaku yang mendukung dan dituntut perusahaan.
DAMPAK
APABILA PERUSAHAAN TIDAK MEMBERIKAN PELATIHAN KARYAWAN
Apabila pelatihan
karyawan tidak dilakukan dalam suatu perusahaan, maka akan terlihat pada
gejala-gejala sebagai berikut:
·
Sering berbuat kesalahan dalam bekerja.
·
Hasil kerjaanya tidak memenuhi standard
kerja perusahaan
·
Munculnya rasa tidak puas dengan
perusahan dan menjelek-jelekkan perusahaan.
·
Tidak mampu menggunakan teknologi yang
lebih canggih dalam bekerja.
·
Produktivitas kerja tidak meningkat,
bahkan menurun.
·
Kesinambungan perusahaan tidak bisa
dijamin.
·
Loyalitas yang rendah terhadap
perusahaan.
MANFAAT
PELATIHAN KARYAWAN BAGI PERUSAHAAN
Manfaat kegiatan
Pelatihan Karyawan sebagai berikut:
·
Perusahaan dapat menyesuaikan diri
dengan kebutuhan sekarang.
·
Perusahaan mempunyai SDM yang cakap melaksanakan pekerjaan.
·
Perusahaan dapat menjawab tantangan perkembangan zaman.
·
Perusahaan dapat meningkatkan
produktivitas dan prestasinya.
·
Mekanisme menggunakan teknologi baru
dengan baik.
·
Perusahaan dapat mempersiapkan
karyawan-karyawan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi.
Jadi,
pelatihan dan pengembangan SDM di sebuah perusahaan merupakan sebuah keharusan
dalam memaksimalkan manajemen SDM di perusahaan tersebut. Peran HR di perusahaan sangatlah
penting bagi perkembangan perusahaan. Jangan biarkan HR Anda menghabiskan waktu
hanya untuk mengurusi bagian administrasi saja. Kini, tugas admin dapat
diselesaikan dengan efektif dan efisien melalui Sleekr. Cari tahu lebih lanjut dan daftarkan perusahaan Anda sekarang.
PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN BAGI PARA PELAKU UKM DI DAERAH
SEMARANG.
Mengingat banyaknya
pelaku UMKM di daerah semarang kelompok
kita ingin menganalisis bagaimana pelaku umkm setelah mendapat pelatihan dan
bagaimana perkembangan bisnis/usaha mereka setelah mendapat pelatihan ini.
Alasan kami
memilih UMKM sebagai pnelitian kami adalah mengingat banyaknya UMKM yang ada di
daerah semarang dan Unit Mikro, Kecil, dan
Menengah (UMKM) merupakan salah satu pilar penting perekonomian Indonesia,
terutama sebagai penguat perekonomian rakyat dan kesejahteraan rakyat.
Sebagian besar (hampir 99 persen), UMKM
di Indonesia adalah usaha mikro di sektor informal dan pada umumnya menggunakan
bahan baku lokal dengan pasar lokal. Itulah sebabnya tidak terpengaruh secara
langsung oleh krisis global. Laporan World Economic Forum (WEF) 2010
menempatkan pasar Indonesia pada ranking ke-15. Hal ini menunjukkan bahwa
Indonesia sebagai pasar yang potensial bagi negara lain. Potensi ini yang belum
dimanfaatkan oleh UMKM secara maksimal.
Nah di sini pelatihan yang di berikan
pada pelaku UMKM adalah tentang go-online dalam menghadapi MEA agar produk
mereka dapat di kenal luas oleh masyarakat domestik maupun mancanegara :
1.
Bagaimana cara memposting/mengunggah produknya ke
media sosial atau di jual beli online.
2. Bagaimana
cara mengambil gambar/memfoto produknya agar hasilnya bagus dan dapat menarik
konsumen/pembeli
3. Bagaimana
cara mendiskripsikan produk kita seperti : spesifikasi produk , apa keunggulan
produk kita daripada produk lain, kegunaan, dan hal-hal yang menarik minat
konsumen/pembeli untuk membeli produk kita
4. Pembuatan
website resmi/universal dan wibsite sederhana seperti bloger, wordpres dan
semacamca
5. pelaku usaha harus jeli dalam memilih target pasar dan
segmen yang dituju.
6. dan
yang paling penting adalah bagaimana cara transaksi dengan menggunakan
e-banking tanpa kita mendatangi kantor bank untuk melihat transaksi yang sudah
terjadi.
MANFAAT
PELATIHAN
1. peserta
bisa mengetahui bagaimana cara menawarkan produknya secara online .
2. tempat
dan waktunya tidak terbatasi.
3. bisa
di kenal oleh masyarakat luas.
4. pemasaran menjadi luas tidak hanya di pasar
domestik.
5. Bisa
tembus ke pasar mancanegara/luar negri.
6. Proses
transaksi menjadi mudah dan cepat.
7. Peserta
menjadi tahu Bagamana cara menarik minat konsumen untuk membeli produk kita.
ANALISIS
PELATIHAN
Dari
pelatihan ini peserta bisa mengetahui bagaimana cara menawarkan produknya ke
masyarakat luas sehingga produknya bisa di kenal dan di gunakan oleh masyarakat
domestik maupun mancanegara secara online dan mempermudah transaksinya. Dalam pelatihan
ini juga mempersiapkan pelaku UMKM untuk menghadapi MEA.
Komentar
Posting Komentar